Duta Perpustakaan Bersama Pustakawan SMAN 1 Bojonegoro Menerima Tim Akreditasi Perpustakaan Nasional

        
Duta Perpustakaan Melayani Tim Pendamping Akreditasi Dari Bapersip Propinsi Jawa Timur


Bojonegoro. Perpustakaan Ganeca SMA Negeri 1 Bojonegoro baru saja selesai didatangi tim assesor Akreditasi Perpustakaan Nasional. Kegiatan tersebut dimulai pada hari Rabu tanggal 25 Mei 2016 pukul 16.30 WIB dan berakhir pukul 20.30 WIB. Dalam rombongan tersebut terlihat Bapak Darwanto, S.Sos. selaku tim assesor akreditasi dari Perpustakaan Nasional RI Jakarta yang didampingi oleh Bapak Juhaeri, SE, SS, MM. dan Bapak Cahyo P, SE. dari Bapersip Propinsi Jawa Timur, serta Slamet Taufik, SH, MM Kepala Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro. Kegiatan diterima oleh pengelola perpustakaan Ganeca bersama tim akreditasi perpustakaan Ganeca dan Duta Perpustakaan. Ada beberapa pertanyaan seputar sistem pelayanan perpustakaan Ganeca yang dijawab oleh Duta Perpustakaan. Perlu diketahui Duta Perpustakaan dibentuk oleh pengelola perpustakaan Ganeca dari siswa yang punya bakat atau skill dalam hal perpustakaan. Duta Perpustakaan dilatih oleh pihak pengelola perpustakaan Ganeca dalam hal layanan peminjaman, layanan pengembalian buku, penulisan katalog buku, pembuatan Ebook, cara pencarian buku dll. Ini bertujuan selain siswa dilatih untuk menjadi pustakawan juga bertujuan agar siswa siswi SMAN 1 Bojonegoro lebih bersemangat untuk datang ke perpustakaan melihat semua pelayanan perpustakaan oleh siswa yang menjadi Duta Perpustakaan. Terlihat dalam akreditasi kemarin para Duta Perpustakaan sangat terampil dan cepat dalam menyiapkan segala keperluan akreditasi yang diminta oleh tim assesor. Dalam akreditasi ada beberapa komponen yang dinilai yaitu :
  1. Layanan
  2. Kerjasama
  3. Koleksi
  4. Pengorganisasian Materi Perpustakaan
  5. Sumber Daya Manusia
  6. Gedung/ruang, Sarana Prasarana
  7. Anggaran
  8. Manajemen Perpustakaan
  9. Perawatan Koleksi Perpustakaan
       Dari komponen utama dan indikator kunci yang dijadikan penilaian dalam akreditasi perpustakaan, dapat dapat mengukur sendiri komponen kunci penilaian akreditasi, apakah sudah dapat memenuhi semua indikator penilaian atau belum. Dari semua komponen, ada 3 komponen penilaian dengan bobot nilai yang tinggi yaitu layanan, koleksi dan sumber daya manusia. 

Akreditasi mempunyai pengaruh yang sangat positif, perpustakaan yang akan di akreditasi tentunya harus memenuhi semua komponen dan indikator penilaian. Hal ini akhirnya menuntut pihak "stakeholder" untuk memberikan perhatian lebih bagi pengembangan perpustakaan. Sehingga perencaaan pengembangan perpustakaan di SMAN 1 Bojonegoro selanjutnya harus mempedomani Standar Nasional Perpustakaan Nomor 010 tahun 2011. Kalau pihak sekolah SMAN 1 Bojonegoro benar-benar mau menjadikan perpustakaan sebagai salah satu unit pendukung yang penting dalam menjalankan program pelayanan publik pendidikan, maka dengan mengikutkan perpustakaan dalam program akreditasi merupakan langkah yang sangat tepat. Semoga Perpustakaan Ganeca SMAN 1 Bojonegoro mendapatkan hal yang terbaik dalam akreditasi perpustakaan nasional.


Oleh : Zaenal Ikhsan
Previous
Next Post »