Demi Sukses UNBK 2016 Proktor dan Teknisi Tanpa Lelah 24 Jam Dalam Sinkronisasi UNBK

Hai shobat, apa Itu istilah sinkronisasi pada server pusat UNBK ? – Perkembangan dunia teknologi yang pesat telah melahirkan banyak sekali benda-benda canggih yang bermanfaat untuk keseharian manusia.
Pada dunia teknologi juga terdapat banyak sekali istilah-istilah yang sering membuat para penggunanya bingung terutama bagi orang yang masih awam (termasuk saya). Nah agar tidak terjadi kebingungan seperti yang diungkapkan diatas, maka kali ini saya memutuskan untuk membuat sebuah artikel untuk membahas tentang salah satu istilah yang sering digunakan dalam UNBK yakni pengertian dari CBT Sync dan Sinkronisasi.
CBT sync adalah sebuah apilkasi  CBTSync adalah windows aplikasi yang mengatur lalu lintas data yang digunakan oleh website CBT. Fungsi dari CBTSync adalah sebagai test manager dengan fungsi-fungsi sebagai berikut :
  1. Sinkronisasi dengan mendownload data peserta tes, data soal, dan data konfigurasi tes yang berasal dari server pusat dan langsung ditempatkan di server lokal secara otomatis.
  2. Memonitor aktivitas peserta tes. Ada window yang menampilkan informasi peserta yang sedang ujian. 
  3. Mengaktifkan scheduler token. Token akan expired dalam waktu yang ditentukan dan akan digenerate token yang baru. Aktifitas ini akan berlangsung selama aplikasi CBTSync dijalankan dan terhubung internet untuk semi online. 
  4. Mengatur kelompok yang akan melakukan tes. Ada setingan yang menentukan kelompok peserta tes yang dapat melakukan tes 5.
  5. Mengupload hasil ujian peserta tes dari server lokal ke server pusat
Sedangkan sinkronisasi dalam UNBK mempunyai arti adalah pengambilan soal online dari server pusat dan jika sudah disoal akan berada di server lokal. Dalam sinkronisasi banyak cerita yang penuh ceria dan duka bagi saya dan teman teknisi/proktor. Kadang kita terlalu banyak menunggu proses selesai sinkronisasi terakhir sebelum ujian senin [11/04/2016]. Ini semua disebabkan karena padatnya traffic jalur sinkronisasi ke pusat. Terakhir seperti sinkronisasi yang terjadi pada hari Sabtu [09/04/2016], semula ada penjadwalan sinkronisasi di mulai jam 14.00. Jadwal ini bertujuan agar tidak terjadi kepadatan traffic waktu sinkronisasi. Akan tetapi jadwal mundur jam 19.00 - 23.00 WIB. Dengan adanya perubahan jadwal membuat rencana yang kita buat menjadi tertunda demi kelancaran ujian UNBK. Apa yang terjadi  shobat ? Meskipun penjadwalan sudah dibuat masih terjadi kepadatan traffic sehingga membuat sinkronisasi sering gagal terus dan sampai jam 00.30 [ tengah malam ]. Karena kita menunggu sinkronisasi berasil kita rela meninggalkan keluarga demi sinkr
onisasi. Tepat pukul 02.00 server ditutup sehingga menjadi Offline. Udah kita putus asa, kesal, capek karena sudah menunggu sinkronisasi justru server pusat mati. Dengan kesabaran yang diringi rasa mengantuk akhirnya perjuangan kita tidak sia-sia tepat pukul 04.45 server pusat dibuka artinya proses sinkronisasi bisa dilanjutkan. Dengan rasa lelah kita melakukan sinkronisasi dan akhirnya sinkronisasi berhasil. Dan Ujian UNBK siap dilaksanakan kembali yang masih 2 hari [ senin, selasa ]. Luar biasa semangat teknisi dan proktor tanpa lelah pagi sampai sore terus berjaga selama pelaksanaan UNBK. Proktor dan Teknisi terus semangat, kita butuh perjuangan kalo sesuatu pengen berjalan lancar sukses demi anak-anak didik kita semua. Insyallah amal kita semua diterima oleh Allah SWT. Amin. Kita songsong UNBK 2017....

Oleh : Zaenal Ikhsan [ teknisi ]
Previous
Next Post »